Selasa, 09 Oktober 2012

Manfaat Flavonoid


FLAVONOID DIDALAM ANGGUR

Flavonoid adalah senyawa polifenol yang banyak terdapat di alam. Flavonoid merupakan golongan senyawa bahan alam dari senyawa fenolik yang banyak merupakan sebagai pigmen tumbuhan. Flavonoid terdapat pada grup-grup dari unsur-unsur polifenol yang terdapat pada kebanyakan tumbuhan, biji, kulit buah atau kulit, kulit kayu, dan bunga. Sejumlah besar tumbuhan obat mengandung flavonoid. Flavonoid digolongkan berdasarkan struktur kimianya, menjadi falvonol, flavon, flavanon, isoflavon, anthocyanidin, dan khalkon        
Buah anggur ini juga memiliki manfaat lainnya yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Di dalam buah anggur ada berbagai jenis kandungan, seperti senyawa metabolit sekunder (flavonoid, antosianin, dan resveratol). Sebuah riset mengungkapkan bahwa senyawa yang terkandung di dalam buah anggur tersebut mampu untuk meningkatkan kinerja sel endotelial yang berfungsi untuk memperlancar peredaran aliran darah. Selain itu, melalui mekanisme di atas, buah anggut juga dapat mengurangi resiko akan terkena penyakit jantung. Selain itu manfaat buah anggur yang lainnya adalah mengandung vitamin C dan vitamin E. Di dalam tubuh kita, kandungan senyawa flavonoid sangat membantu dalam meningkatkan produksi lemak dan dapat menurunkan trigliserida yang beredar di dalam darah kita. Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari buah anggur ini. Jika anda ingin hidup sehat, konsumsilah buah - buahan setiap hari yang mengandung berbagai vitamin yang berguna bagi kesehatan tubuh kita.

7 komentar:

  1. bagaimana senyawa flavonoid yang terkandung didalam anggur bisa membantu meningkatkan produksi lemak didalam tubuh, dan apabila mengkonsumsinya terlalu banyak apakah dapat menimbulkan efek negatif didalam tubuh..?

    BalasHapus
  2. menurut saya..
    Di dalam tubuh kita, kandungan senyawa flavonoid sangat membantu dalam meningkatkan produksi lemak dan dapat menurunkan trigliserida yang beredar di dalam darah kita. dan Buah anggur merah dikenal banyak mengandung mineral dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan gizi cukup besar dalam buah anggur merah diantaranya adalah karbohidrat 10,5 gram, lemak 6,2 gram, kalsium 16 mg, fosfor 24 mg, zat besi 0,8 mg, dan niacin 0,9 mg.

    Sedangkan vitamin yang cukup banyak adalah vitamin A sebanyak 70 RE, vitamin C 13 mg, sedangkan vitamin B1 dan B2 masing-masing 0,05 mg. Begitu juga kandungan energinya cukup tinggi, yaitu 93 kalori.
    karena anggur ini banyak menagndung lemak dan kalori maka anggur ini dapat meningkatkan produksi lemak dalam tubuh.

    terima kasih..

    BalasHapus
  3. Senyawa pada anggur yang disebut piceatannol memiliki kemampuan untuk memblok sel lemak yang belum matang untuk tumbuh dan berkembang.

    Piceatannol sebenarnya mengubah waktu proses gen, fungsi gen dan kerja insulian selama adipogenesis, proses di mana sel lemak tahap awal menjadi sel lemak matang
    Selama 10 hari atau lebih, sel-sel lemak yang belum matang, yang disebut preadipocytes, melalui beberapa tahap untuk menjadi sel lemak matang atau adipocytes.

    http://medicalera.com/info_answer.php?thread=20780

    BalasHapus
  4. kandungan dalam buah anggur
    kalori: 55 Kkal
    karbohidrat: 12, 9 g
    protein: 0,6 g
    serat: 1,1 g
    kalsium: 20 mg
    fosfor: 21 mg
    zat besi: 0,8 mg
    natrium: 11 mg
    kalium: 136 mg
    beta karotena: 21 mikrogram
    vitamin A: 2 mikrogram
    vitamin C: 5 mg

    Fakta: Selain komposisi nutrisi itu, anggur merah juga kaya akan senyawa flavonoid, yang bersifat antioksidan dan menjaga kelenturan pembuluh darah. Banyak penelitian membuktikan bahwa anggur merah yang difermentasi (wine) dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah. Ingat, konsumsi anggur secara bijak, jangan terlalu banyak, apalagi saat perut kosong. Ini akan menimbulkan rasa tak nyaman.
    http://www.femina.co.id/diet/nutrisi/inilah.buah.yang.bisa.mengacaukan.diet.anda/003/001/98
    Anggur memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung berbagai jenis senyawa metabolit sekunder, terutama golongan flavonoid dan antosianin, serta resveratol. Penelitian lain mengungkapkan bahwa senyawa aktif di dalam anggur mampu meningkatkan kerja sel endotelial yang berperan dalam memperlancar aliran darah dalam arteri terkait dengan aktivitasnya terhadap sel-sel otot halus. Melalui mekanisme ini, risiko terkena serangan jantung dapat berkurang. Selain itu, anggur juga mengandung banyak senyawa antioksidan yang daya kerjanya lebih kuat dari pada vitamin C dan vitamin E. Di dalam tubuh, senyawa flavonoid anggur dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL) sekaligus menurunkan trigliserida yang beredar di dalam darah.
    http://id.wikipedia.org/wiki/Anggur
    mungkin yang dimaksud senyawa flavonoid yang terkandung didalam anggur bisa membantu meningkatkan produksi lemak didalam tubuh adalah meningkatkan produksi lemak baik (HDL). buah anggur dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL) dan menurunkan trigliserida yang beredar didalam tubuh karena buah anggur mengandung suatu senyawa vitamin C dan vitamin E. Trigliserida merupakan salah satu bentuk lemak dalam sel darah kita selain kolesterol yang jika dikonsumsi terlalu berlebihan akan mengakibatkan timbulnya penyakit jantung

    BalasHapus
  5. Flavonoid pada anggur berfungsi sebagai antioksidan ampuh yang bekerja sebagai pencegah kanker, dapat menghambat oksidasi LDL pada dinding pembuluh koroner, memiliki efek antimikroba, memperbaiki fungsi endotel, menghambat aterosklerosis (timbunan lemak di pembuluh darah).

    Quercetin merupakan fitokimia yang termasuk flavonoid, memiliki aktivitas antioksidan, menghambat protein kinase dan DNA topoisomerases, mengatur ekspresi gen, juga memodulasi ekspresi gen yang berhubungan dengan oxidative stress dan di sistem pertahanan antioksidan.

    Quercetin mampu mengubah ekspresi regulator siklus sel dan protein apoptosis sehingga efektif mencegah kanker prostat, menghambat mutasi protein p53 dan fase G2-M sehingga efektif mencegah kanker payudara, menghambat diferensiasi sel sehingga baik mencegah keganasan kolorektal (usus besar dan anus), juga berperan di fase G2/M sehingga berpotensi mengobati leukemia. Masih diperlukan riset lanjutan tentang temuan ini.
    http://massaidi.blogspot.com/2011/10/manfaat-buah-anggur-sebagai-antioksidan.html

    BalasHapus
  6. Saya ingin menambahkan : jika hanya satu jenis buah saja yang dikonsumsi terus menerus, akan berefek buruk bagi tubuh. Efek samping yang sering timbul biasanya pusing atau sakit perut.

    "Banyak orang merasa sudah cukup hanya makan wortel. Tapi akibatnya sakit kepala setelah mengonsumsi jus wortel terus menerus selama sebulan, hal ini karena senyawa karotenoid yang terdapat dalam wortel akan menempel di sel lemak di otak yang memicu timbulnya sakit kepala," ujar dr Hardhi Pranata, SpS selaku Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI), saat dihubungi detikHealth, Selasa (26/10/2010).
    http://health.detik.com/read/2010/10/26/110802/1475026/766/cuma-doyan-satu-macam-buah-bisa-timbulkan-efek-samping?ld991107763
    Intinya bila kita mkan yang berlebihan tidak baik, maka harus di selang selingi.

    BalasHapus