Rabu, 30 Mei 2012

POLIESTER


Poliester adalah suatu kategori polimer yang mengandung gugus fungsional ester dalam rantai utamanya. Meski terdapat banyak sekali poliester, istilah "poliester" merupakan sebagai sebuah bahan yang spesifik lebih sering merujuk pada polietilena tereftalat (PET). Poliester termasuk zat kimia yang alami, seperti yang kutin dari kulit ari tumbuhan, maupun zat kimia sintetis seperti polikarbonat dan polibutirat.
Kain dari poliester disebut-sebut terasa tak alami bila dibandingkan dengan kain tenunan yang sama dari seratalami (misalnya kapas dalam penggunaan tekstil). Namunkain poliester memiliki beberapa kelebihan seperti peningkatan ketahanan dari pengerutan. Akibatnya, serat poliester terkadang dipintal bersama-sama dengan serat alami untuk menghasilkan baju dengan sifat-sifat gabungan. Poliester juga digunakan untuk membuat botol, film,tarpaulin, kano, tampilan kristal cair, hologram, penyaring,saput (film) dielektrik untuk kondensator, penyekat saput buatkabel dan pita penyekat.
Kapas-Kapas berupa bulu atau serat yang diperoleh dari buah pohon kapas yang panjangnya sekitar 2-5 cm, dipisahkan dari bijinya dan hampir 90% mengandung senyawa selulosa. Kain katun merupakan kain dari seratkapas. Keuntungan kain tenunan dari bahan kapas adalah sifatnya yang empuk, daya serap terhadap zat warna baik, dapat berfungsi sebagai isolator panas, dan harganya lebih murah.b. Sutra Serat sutra diperoleh dari filimen (benang) kepompong ulat sutra. Kulitkepompongadalah sebuah lapisan yang terdiri atas filamen. Panjang filamendari tiap kepompong adalah 1.000-14.000 m. Serat ini merupakan polimerserat protein yang komponen utamanya fibroin (terdapat dibagian dalam) danyang mengelilinginya adalah sericin.

http://kapukrandukaraban-pati.blogspot.com/2011/04/waspadai-serat-sintetis-polyester.html

2 komentar:

  1. Mengapa kain tenunan itu bisa berfungsi sebagai isolator panas dan apa yang menyebabkan kain tenunan memiliki daya serap yang tinggi dibandingkan dengan kain lainnya?

    BalasHapus
  2. Kain tenunan umumnya berbahan dasar Wol/ nylon. kita ambil contoh bila kain ini kita gosokkan ke rambut dalam beberapa saat lalu kita dekatkan ke sobekkan kertas kecil-kecil maka sobekan kertas itu akan menempel pada kain tersebut, ini di karenakan dari gesekan tadi dapat menimbulkan listrik statis. ini lah yang menjadi perbedaan kain berbahan dasar wol dengan kain biasa di karenakan bisa menjadi isolator dan mempunyai listrik statis bila terdapat gesekan.

    BalasHapus